MENGENAL 5 MOMEN SAAT MENCUCI TANGAN DI RUMAH SAKIT


Bagi Anda petugas kesehatan yang bekerja di rumah sakit, setiap akan melakukan tindakan terhadap pasien dan selesai melakukan tindakan, pasti akan melakukan cuci tangan. Hal ini dilakukan untuk menjamin keselamatan pada pasien dan petugas kesehatan itu sendiri. Rumah sakit yang akan melakukan akreditasi pasti akan melakukan sidak ke setiap ruangan rumah sakit untuk mengetes semua petugas kesehatan, apakah ada yang hafal 5 Momen Saat Mencuci Tangan di Rumah Sakit atau yang lebih dikenal 5 Moment Hand Hygiene?

5 Moment Hand Hygine itu adalah 5 saat terpenting yang menjadi keharusan untuk melakukan cuci tangan. Bagian komite rumah sakit yang melakukan kontrol ini adalah bagian PPI. PPI ialah kepanjangan dari Pencegahan dan Pengendalian Infeksi, dimana komite ini yang akan mengindentifikasi, mengendalikan, melindungi dan menurunkan resiko infeksi yang didapat dan ditularkan diantara pasien, lingkungan rumah sakit, tenaga profesi kesehatan, tenaga sukarela, mahasiswa dan pengunjung.

Nah, sudah tahu kan siapa saja yang harus memahami prinsip 5 Moment Hand Hygine itu. Jadi 5 Moment Hand Hygine itu diantaranya :
  1. Sebelum kontak dengan pasien
  2. Sebelum melakukan tindakan aseptik
  3. Sesudah kontak dengan pasien
  4. Sesudah terkena cairan tubuh pasien
  5. Sesudah kontak dengan lingkungan pasien
5 Moments for Hand Hygiene by WHO

Setelah mengetahui 5 Moment Hand Hygiene lalu langkah-langakh cuci tangan yang benar menurut WHO itu seperti apa? Klik disini untuk mengetahui langkah-langkah mencuci tangan menurut WHO.

Baca Juga : Langkah-Langkah Mencuci Tangan yang Benar

Itulah sahabat sehat, 5 Moment Hand Hygine yang harus dipahami oleh seluruh petugas kesehatan yang bekerja di rumah sakit. 
Tingkatkan kesehatan, untuk hidup yang berkulitas. Salam sehat.


Sumber :
www.who.int
Buku Saku Standar Akreditasi Rumah Sakit

Tidak ada komentar:

ads
Diberdayakan oleh Blogger.