Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PENERIMAAN MAHASISWA BARU POLTEKKES KEMENKES BANDUNG TAHUN 2023/2024

Adik-adik Sobat Nakes yang berencana untuk melanjutkan pendidikan di Politeknik Kesehatan Kemenkes Bandung harus bersiap siap-siap untuk mendaftar penerimaan mahasiswa Poltekkes Tahun 2023/2024. Namun, saat ini pembukaan mahasiswa baru angkatan 2023/2024 masih dalam proses persiapan. Akan tetapi persyaran dan lain-lainnya tidak jauh berbeda dengan penerimaaan mahasiswa baru di tahun sebelumnya .

Bagi Sobat Nakes yang ingin melanjutkan pendidikan keperawatan selain di Poltekkes Bandung dapat juga mempertimbangkan kampus lain dengan klik tautan Daftar Sekolah Keperawatan di Kota Bandung. Pada tautan tersebut tercantum berbagai macam sekolah keperawatan yang ada di Kota Bandung beserta dengan akreditasinya dari BAN-PT. Namun, jika Sobat Nakes sudah berniat untuk mendaftar di Poltekkes Bandung, bukan salahnya untuk menyimak lebih jauh mengenai Poltekkes Bandung dan pengalaman pendaftaraannya di tahun 2018.

Mengenal Poltekkes Kemenkes Bandung

Politeknik Kesehatan Kemenkes Bandung (Poltekkes Bandung) adalah salah satu institusi pendidikan tinggi kesehatan negeri yang merupakan Unit Pelayanan Teknis di bawah Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan (PPSDMKes) Kementerian Kesehatan RI. Poltekkes Bandung merupakan penggabungan dari 12  akademi Kesehatan di Jawa Barat, yaitu: Akademi Analis Kesehatan (AAK) Cimahi, Akademi Gizi (AKZI) Cimahi, Akademi Kebidanan (AKBID) Bandung, Akademi Kebidanan (AKBID) Bogor, Akademi Kebidanan (AKBID) Karawang,  Akademi Kebidanan (AKBID) Rangkasbitung, Akademi Kesehatan Gigi (AKG) Bandung, Akademi Kesehatan Lingkungan (AKL) Bandung, Akademi Keperawatan (AKPER) Otten Bandung, Akademi Keperawatan (AKPER) Pajajaran Bandung, Akademi Keperawatan (AKPER) Bogor dan Akademi Keperawatan (AKPER) Tangerang.

Logo Poltekkes Kemenkes Bandung

Kemudian melalui Surat Keputusan Menteri Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial RI Nomor: 298/MENKES-KESSOS/SK/IV/2001 tanggal 16 April 2001, kedua belas akademi kesehatan tadi menjadi Politeknik Kesehatan Depkes Bandung, yang terdiri dari Jurusan Analis Kesehatan Cimahi, Jurusan Gizi Cimahi, Jurusan Kebidanan Bandung, Jurusan Kebidanan Bogor, Jurusan Kebidanan Karawang, Jurusan Kebidanan Rangkasbitung, Jurusan Kesehatan Gigi Bandung, Jurusan Keperawatan Bandung (gabungan Akademi Keperawatan (AKPER) Otten Bandung dan Akademi Keperawatan (AKPER) Pajajaran Bandung), Jurusan Keperawatan Bogor, Jurusan Keperawatan Tangerang, Jurusan Kesehatan Lingkungan.

Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 1988/MENKES/PER/IX/2011 tanggal 27 September 2011 tentang Perubahan Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Kesehatan, yang menetakan bahwa Prodi Keperawatan Tangerang, Prodi Kebidanan Rangkasbitung dan Prodi Analis Tangerang berubah menjadi Poltekkes Kemenkes Banten. Pada tahun yang sama, Poltekkes Kemenkes Bandung mendirikan Jurusan Farmasi, sehingga jumlah seluruh jurusan menjadi tujuh (7) dengan tiga belas (13) program studi. Mulai tahun 2012, Direktorat Poltekkes Kemenkes Bandung pindah menempati gedung baru di Jalan Pajajaran Nomor 56 Bandung.

Hingga akhirnya, saat ini melalui Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor : 7/KPT/I/2016 tanggal 19 Januari 2016 dibuka Program Studi Promosi Kesehatan Diploma 4 pada Politeknik Kesehatan Kemenkes Bandung di Kota Bandung, sehingga Jurusan di Politeknik Kemenkes Bandung menjadi delapan.

Contoh Brosur Penerimaan Mahasiswa Poltekkes Tahun 2018

Pada tahun 2018, Politeknik Kesehatan Kemenkes Bandung membuka kembali penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2018/2019. Untuk adik-adik yang memiliki minat dan keinginan untuk melanjutkan pendidikan di bidang  kesehatan, adik-adik bisa mencoba untuk mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa baru di Poltekkes Kemenkes Bandung. Seperti yang telah disebutkan diatas jurusan yang berada di Poltekkes Bandung terdiri dari 8 jurusan, yang bisa dijabarkan sebagai berikut :

Diploma 3 (D-3)

Teknologi Laboratorium Medik (d/h Analis Kesehatan) (Akreditasi B)
Farmasi ( Akreditasi B)
Gizi (Akreditasi B)
Kebidanan Bogor (Akreditasi B)
Kebidanan Karawang (Akreditasi B)
Keperawatan Bandung (Akreditasi A)
Keperawatan Bogor (Akreditasi B)
Kesehatan Gigi (Akreditasi B)
Sanitasi (d/h Kesehatan Lingkungan) (Akreditasi B)

Sarjana Terapan (D-4)

Teknologi Laboratorium Medik (d/h Analis Kesehatan) (Akreditasi B)
Sanitasi (d/h Kesehatan Lingkungan) (Akreditasi B)
Gizi dan Dietika (d/h Gizi) (Akreditasi B)
Promosi Kesehatan (Terakreditasi)
Program Profesi Bidan (D-4)
Kebidanan Bandung

Sarjana Terapan Alih Jenjang (D-4)

Teknologi Laboratorium Medik (d/h Analis Kesehatan) (Akreditasi B)
Sanitasi (d/h Kesehatan Lingkungan) (Akreditasi B)
Gizi dan Dietika (d/h Gizi) (Akreditasi B)

Waktu Pendaftaran Mahasiswa Baru Poltekkes Kemenkes Bandung akan dimulai pada tanggal :
Jalur PMDP : 12 Februari s.d 23 Maret 2018
Jalur Ujian Tulis : 2 April s.d 24 Mei 2018

Jika adik-adik berminat, bisa langsung menyiapkan persyaratannya lebih lanjut dengan ketentuan :

Syarat Pendaftaran Seleksi Calon Mahasiswa Jalur PMDP

  • Siswa/Siswi SMA/Madrasah Aliyah (MA) yang akan lulus Tahun Ajaran 2017/2018
  • Tinggi badan minimal : (divalidasi pada saat Uji Kesehatan)
  • Laki-laki : 150 cm, Perempuan 145 cm
  • Khusus Peminatan Jurusan Keperawatan :
  • Laki-laki : 155 cm, Perempuan 150 cm
  • Khusus Peminatan Kebidanan :
  • Perempuan : 150 cm
  • Fotocopy sertifikat institusi  SMA/Madrasah Aliyah (MA)
  • Fotocopy buku raport SMA semester I s.d V dengan nilai ≥ 70
  • Nilai 4 (empat) mata pelajaran wajib (IPA, Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia) ≥ 70

Syarat Pendaftaran Seleksi Calon Mahasiswa Jalur Ujian Tulis

  • Berbadan sehat dan tidak buta warna parsial atau total (divalidasi pada saat Ujian Kesehatan)
  • Tinggi Badan Minimal : (divalidasi pada saat Uji Kesehatan)
  • Laki-laki : 150 cm, Perempuan 145 cm
  • Khusus Peminatan Jurusan Keperawatan :
  • Laki-laki : 155 cm, Perempuan 150 cm
  • Khusus Peminatan Kebidanan
  • Perempuan : 150 cm
  • Batas usia maksimum 27 tahun pada tanggal 3 September 2018, kecuali khusus program bidan (Jurusan Kebidanan Bandung) batas usia 21 tahun.
  • Lulusan SMA/Madrasah Aliyah (MA) Jurusan IPA/IPS
  • Lulusan Paket C
  • Lulusan SPK pola Sekolah Menengah Kejuruan/SMK (prodi Keperawatan/Kesehatan)

Biaya Pendaftaran

Diploma 3
1 Pilihan Rp 100.000
2 Pilihan Rp 150.000
Diploma 4
1 Pilihan Rp 100.000
2 Pilihan Rp 150.000

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Penerimaan Mahasiswa Baru Poltekkes Kemenkes Bandung Tahun Ajaran 2018/2019, adik-adik bisa langsung mengunjugi kantor Direktorat Poltekkes Kemenkes Bandung Jl. Pajajaran No. 56 Bandung, telp. (022) 4231627 atau mengunjungi situs web-nya di poltekkesbandung.ac.id

Semoga bermanfaat untuk para pembaca. Salam sehat.


Referensi :
poltekkesbandung.ac.id 



Posting Komentar untuk "PENERIMAAN MAHASISWA BARU POLTEKKES KEMENKES BANDUNG TAHUN 2023/2024"