Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PERSONAL CARE, APA ITU ?

Sobat Nakes pernah mendengar kata Personal Care? Bersama Perawat pada kesempatan ini akan membahas secara rinci apa itu personal care. Personal Care atau dalam bahasa Indonesia lebih dikenal dengan perawatan diri merupakan salah satu bentuk perawatan tubuh untuk menjaga kesehatan secara fisik. Perawatan diri ini dilakukan dari sejak bayi hingga lanjut usia, serta diterapkan pada bagian tubuh atas hingga bawah. 

Sumber : unsplash.com

Pengertian Personal Care

Personal Care atau perawatan diri merupakan suatu tindakan dalam memelihara kebersihan dan kesehatan tubuh seseorang untuk meningkatkan kesejahteraan fisik maupun psikis. Kebutuhan akan perawatan diri, berbeda bagi setiap individu. Perawatan diri untuk bayi, tentunya akan berbeda dengan kebutuhan perawatan diri bagi orang dewasa ataupun lansia.

Aspek yang perlu diperhatikan dalam personal care terdiri dari kebersihan tubuh, kebersihan gigi dan mulut, kebersihan kuku, kebersihan rambut serta toiletng. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai aspek kebersihan  diri tersebut, mari kita bahas satu per satu

Kebersihan Tubuh

Kebersihan tubuh ini lebih menekankan ke arah kebersihan kulit tubuh dari kepala hingga kaki dengan cara mandi menggunakan air dan sabun. Kebersihan tubuh ini dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman pada tubuh, menghilangkan bau badan, mencegah infeksi serta memenuhi kebutuhan dasar diri. Menjaga tubuh agar tetap bersih dilakukan dengan cara mandi kurang lebih 2 kali dalam sehari dengan menggunakan sabun. Sabun berfungsi untuk membunuh mikroorganisme yang menempel pada kulit tubuh kita. Mandi teratur setiap hari akan menimbulkan rasa segar dan membuat rileks tubuh.

Kebersihan Gigi dan Mulut

Menjaga kebersihan gigi dan mulut bukan semata-mata dengan cara menggosok gigi saja. Membersihkan gigi dan mulut dilakukan juga pada bagian rongga mulut, lidah dan sela-sela gigi. Setelah selesai menggosok gigi, alangkah baiknya untuk berkumur dengan menggunakan mouthwash agar mulut tetap bersih dan segar. Namun, bagi sebagian orang yang memiliki sensitivitas pada penggunakan mouthwash bisa diganti dengan berkumur menggunakan larutan air garam. Larutan air garam berfungsi untuk mengobati radang dan membunuh mikrorganisme di dalam rongga mulut. Rutin melakukan pembersihan karang gigi minimal 6 bulan sekali pun sangatlah dianjurkan.

Kebersihan Kuku

Menjaga kuku tetap bersih bisa dilakukan dengan cara memotong kuku secara rutin. Menjaga kebersihan kuku merupakan aspek terpenting dalam mempertahankan perawatan diri karena kuman dapat masuk ke dalam tubuh melalui kuku. 

Kebersihan Rambut

Rambut juga menjadi salah satu aspek yang perlu diperhatikan dalam personal care. Membersihkan rambut secara rutin dengan menggunakan sampo dapat membuat rambut tetap bersih terhindar dari ketombe dan kutu rambut. Selain rutin mencuci rambut dengan menggunakan sampo, merapikan rambut dengan cara memangkasnya pun menjadi salah satu solusi mencegah rambut dari kerontokan.

Toileting

Toileting atau dalam bahasa Indonesia adalah buang air ini sangat perlu diperhatikan. Salah satu aspek terpenting yang terkadang disepelekan, terutama setelah buang air. Terkadang banyak orang yang terlupakan, terutama laki-laki, untuk membersihkan lubang air kemih ketika selesai buang air kecil. Justru kebiasaan seperti inilah yang sering kali mendatangkan penyakit terutama pada daerah kemaluan. Selalu membersihkan lubang air seni setelah selesai buang air dapat menghindarkan dari aroma yang kurang sedap serta mengurangi perpindahan transfer bakteri dari toilet ke tubuh.

Itulah beberapa aspek dalam personal care atau menjaga diri untuk tetap bersih dan sehat. Hidup bersih dan sehat harus dilakukan sedini mungkin, agar menjadi suatu kebiasaan yang baik. Tetap semangat dan keep healthy. 


Sumber :
  1. Supriyanto, Pipit, dkk. 2019. Modul Perawatan Sosial dan Terapi Bagi Lanjut Usia. Kendari : Loka Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia "Minaula" Kendari.
  2. Nareza Meva. 2020. Perlukah Kelamin Laki-Laki di Basuh Setelah Kencing ?. Diakses pada tanggal 26 Juli 2020 di https://www.alodokter.com/perlukah-pria-membasuh-kelamin-setelah-kencing


Posting Komentar untuk "PERSONAL CARE, APA ITU ?"