Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BIASAKAN MINUM AIR PUTIH DAN RASAKAN MANFAATNYA BAGI TUBUH

Air putih merupakan salah satu minuman pelepas dahaga disaat kehausan. Tetapi tahukah kamu, bahwa membiasakan diri sehari-hari mengkonsumsi air putih sangat bermanfaat bagi tubuh. Tubuh kita memerlukan cairan untuk melakukan metabolisme dalam tubuh. Maka dari itu tubuh kita memerlukan cairan sebanyak 2 liter dalam satu hari atau setara 8 gelas per hari.

Sumber : pixabay.com

Namun, pada kondisi tertentu kadang kita memerlukan asupan cairan yang lebih banyak seperti pada saat kondisi demam, diare atau muntah-muntah maupun saat berolahraga dan dalam kondisi cuaca yang panas. Menurut Andrea Giancoli, seorang peneliti dari The Academy of Nutrition and Diabetics, Amerika Serikat memaparkan bahwa meminum air putih yang cukup selama 30 hari mampu melunturkan racun dan lemak didalam tubuh seseorang. Andre pun menyarankan bagi para pelaku diet untuk melakukan terapi ini dalam menurunkan berat badan.

Selain dapat digunakan untuk terapi menurunkan berat badan, ternyata terdapat beberapa manfaat lain dari membiasakan minum air putih setiap hari. 

MANFAAT MINUM AIR PUTIH BAGI TUBUH


Pelepas Dahaga dan Penghilang Dehidrasi

Manfaat air putih yang utama adalah penghilang haus serta pelepas dahaga tubuh. Terutama dalam kondisi dan cuaca yang panas, akan menimbulkan rasa haus dan dahaga yang luar biasa yang dapat mengakibatkan tubuh menjadi lemas. Maka dari itu mengkonsumsi air putih dapat menjadi solusi utama untuk melepas dahaga dan menghilangkan dehidrasi tubuh.

Keseimbangan Cairan Tubuh Terjaga

Menjaga keseimbangan cairan tubuh merupakan hal yang sangat penting karena sekitar 70% tubuh manusia terdiri dari air. Dengan mengkonsumsi air putih yang cukup terutama sebanyak 2 liter atau setara 8 gelas sehari akan membantu mempertahankan keseimbangan cairan tubuh untuk membantu trasnportasi nutrisi dalam tubuh, mengatur suhu tubuh, mencerna makanan dan manfaat lainnya.

Membersihkan Kotoran dan Racun

Tubuh kita setiap hari akan bermetabolisme dengen mengeluarkan sisa-sisa sampah di dalam tubuh seperti keringat dan urin. Agar pembuangan cairan sisa-sisa metabolisme tersebut lancar, dengan mengkonsumsi air putih yang cukup dan teratur mampu untuk membuat kotoran dan racun yang ada di dalam tubuh menjadi keluar baik melakui urin maupun keringat.

Meningkatkan Sistem Peredaran Darah

Di dalam tubuh kita terdapat darah yang berfungsi sebagai salah satu alat trasnportasi nutrisi ke seluruh bagian tubuh. Dengan mengkonsumsi air putih yang cukup dapat membantu meningkatkan dan memperlancar sistem peredaran darah manusia. 

Meningkatkan Fungsi Otak

Minum air putih sebanyak 2 liter atau setara 8 gelas per hari dapat membantu meningkatkan fungsi otak, karena dapat meningkatkan konsentrasi dan kelancaran sistem saraf di otak.

Menjaga Fungsi Ginjal

Ginjal yang berfungsi sebagai filter atau penyaring keluar limbah dan mengangkut urin atau sisa-sisa metabolisme ke kandung kemih, memerlukan asupan cairan yang cukup untuk melakukan tugas tersebut. Air putih merupakan senjata utama agar ginjal dapat melakukan tugasnya tanpa kendala.

BACA JUGA :

Sumber :
https://www.behance.net/6-manfaat-air-putih-bagi-kesehatan-tubuh
https://www.alodokter.com/jangan-remehkan-manfaat-air-putih

Posting Komentar untuk "BIASAKAN MINUM AIR PUTIH DAN RASAKAN MANFAATNYA BAGI TUBUH"