Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MENGENAL 5 MOMEN SAAT MENCUCI TANGAN DI RUMAH SAKIT

Menjadi seorang tenaga kesehatan yang bekerja di rumah sakit, setiap akan melakukan tindakan terhadap pasien dan selesai melakukan tindakan, pasti akan melakukan cuci tangan. Hal ini dilakukan untuk menjamin keselamatan pada pasien dan petugas kesehatan itu sendiri. Rumah sakit yang akan melakukan akreditasi pasti akan melakukan sidak ke setiap ruangan rumah sakit untuk mengetes semua petugas kesehatan, apakah ada yang hafal 5 Momen Saat Mencuci Tangan di Rumah Sakit atau yang lebih dikenal 5 Moment Hand Hygiene?

Pengertian 5 Moment Hand Hygiene

5 Moment Hand Hygiene itu adalah 5 saat terpenting yang menjadi keharusan untuk melakukan cuci tangan. Bagian komite rumah sakit yang melakukan kontrol ini adalah bagian PPI. PPI ialah kepanjangan dari Pencegahan dan Pengendalian Infeksi, dimana komite ini yang akan mengindentifikasi, mengendalikan, melindungi dan menurunkan resiko infeksi yang didapat dan ditularkan diantara pasien, lingkungan rumah sakit, tenaga profesi kesehatan, tenaga sukarela, mahasiswa dan pengunjung.

Tapi Sobat Nakes sudah tahu belum bagaimana cara melakukan cuci tangan yang baik dan benar menurut WHO? Jika belum tahu simak dulu bagaimana langkah-langkah mencuci tangan menurut WHO dengan klik link Cara Mencuci Tangan Menggunakan Sabun Menurut WHO.

Nah, sudah tahu kan siapa saja yang harus memahami prinsip 5 Moment Hand Hygiene itu dan juga sudah menyimak melalui link diatas bagaimana cara mencuci tangan menggunakan sabun menurut WHO. Sekarang kita bahas apa saja sih 5 Momen Mencuci Tangan itu?

5 Moment Hand Hygiene

Jadi 5 Moment Hand Hygiene itu diantaranya :

  1. Sebelum kontak dengan pasien
  2. Sebelum melakukan tindakan aseptik
  3. Sesudah kontak dengan pasien
  4. Sesudah terkena cairan tubuh pasien
  5. Sesudah kontak dengan lingkungan pasien
5 Moments for Hand Hygiene by WHO

Setelah mengetahui 5 Moment Hand Hygiene dan telah mengetahui bagaimana Cara Mencuci Tangan Menggunakan Sabun Menurut WHO, ada juga yang dinamakan mencuci tangan dengan teknik aseptik? Apa itu? Simak ulasannya dengan klik link Cara Mencuci Tangan Teknik Aseptik.

Itulah Sobat Nakes, 5 Moment Hand Hygiene yang harus dipahami oleh seluruh petugas kesehatan yang bekerja di rumah sakit. Tingkatkan kesehatan, untuk hidup yang berkulitas. Salam sehat.


Sumber :
www.who.int
Buku Saku Standar Akreditasi Rumah Sakit

Posting Komentar untuk "MENGENAL 5 MOMEN SAAT MENCUCI TANGAN DI RUMAH SAKIT"