TEKNIK MEMANDIKAN LANJUT USIA BEDRIDDEN DI RUMAH

Lanjut usia merupakan suatu tahapan kehidupan terakhir dari siklus hidup manusia. Di Indonesia sendiri, lanjut usia dianggap sebagai sesepuh dalam mengambil suatu tindakan atau keputusan. Di samping itu, lansia juga secara kesehatan akan mengalami penuruan fungsi. Hal ini biasa dinamakan dengan proses degeneratif. Salah satu akibat yang akan muncul dari penuruan degeneratif ini salah satunya adalah kesulitan dalam merawat diri.

Anggota keluarga yang memiliki lansia dengan permasalah tersebut, sudah semestinya mampu merawat lanjut usia dengan sepenuh hati. Salah satu kemampuan anggota dalam merawat lansia yang memiliki kesulitan dalam merawat diri adalah teknik bagaimana cara memandikan lansia di rumah. Berikut kami paparkan teknik merawat lansia di rumah.

Peralatan yang diperlukan dalam merawat lansia di rumah diantaranya pakaian bersih 1 stel, baskom mandi 2 buah, air hangat, waslap 2 buah, perlak 1 buah, handuk besar 2 buah, selimut mandi atau kain penutup, celemek plastik, tempat tertutup untuk pakaian kotor, sabun mandi, bedak/lotion, sarunga tangan bersih, popok dan pispot jika diperlukan.

Unsplash.com
Langkah-langkah memandikan lanjut usia di rumah :
  • Informasikan kepada lansia sebelum melakukan kegiatan memandikan
  • Ajak keluarga lain untuk membantu memandikan lansia
  • Mengganti selimut lansia dengan selimut mandi
  • Lepaskan pakaian atas lansia
  • Mulai untuk membasuh muka dengan cara, bentangkan terlebih dahulu perlak kecil dan handuk kecil di bawah kepala, mulai untuk membersihkan muka, telinga dengan waslap lembab lalu keringkan
  • Selanjutnya membasuh lengan dengan cara menurunkan selimut mandi kebagian perut lansia, lalu pasangkan handuk besar diatas dada lanjut usia secara melintang dan kedua tangan lanjut usia diletakkan diatas handuk, lalu basahi tangan lanjut usia dengan waslap air bersih, disabun, kemudian dibilas dengan air hangat (lakukan dari area terjauh lansia)
  • Lalu basahi dada dan perut dengan melepas pakaian bawah lanjut usia dan menurunkan selimut hingga perut bagian bawah, kedua tangan diletakkan diatas kepala, lalu bentangkan handuk pada sisi, selanjutnya basuh ketiak dan dada serta perut dengan menggunakan waslap basah, disabun, kemudian dibilas dengan air hangat dan dikeringkan, kemudian menutup dengan handuk
  • Setelah itu membasuh punggung dengan cara miringkan lansia ke arah keluarga lalu bentangkan handuk dibelakang punggung hingga bokong. Basuh area tersebut dengan waslap, disabun, kemudian dibilas dengan air hangat dan keringkan. Beri bedak atau lotion jika diperlukan
  • Kembalikan posisi lansia seperti semula, kemudian bantu lansia mengenakan pakaian.
  • Tahap selanjutnya adalah membasuh kaki dengan mengeluarkan kaki lansia dari selimut mandi dengan benar, mulai dari kaki yang jauh dengan badan keluarga yang memandikan, lalu bentangkan handuk dibawah kaki tersebut, menekuk lutut, basahi kaki mulai dari pergelangan sampai pangkal paha, disabun, dibilas dengan air bersih, kemudian dikeringkan.
  • Lakukan tindakan yang sama untuk kaki yang lebih dekat.
  • Selanjutnya membasuh daerah lipat paha dan genital. Daerah ini adalah daerah yang sensitif sehingga perlu ditawarkan kepada lansia apa mau dibasuh sendiri atau bantu untuk dibasuhkam menggunakan waslap.
Itu lah beberapa cara dan teknik untuk memandikan lansia di rumah. Semoga lansia kita yang berada di rumah, selalu dalam keadaan yang sehat dan terbebas dari segala penyakit.




Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.