Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TIPS MENGATASI MASALAH INSOMNIA

Sobat Nakes, pernahkah kalian mengalami kesulitan tidur dalam jangka waktu yang lama? Atau Sobat Nakes memiliki riwayat insomnia? Wah, jika Nakes maupun Pembaca semua sering merasakan hal tersebut dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Untuk lebih mengetahui lebih banyak mengenai insomnia, yuk kita bahas sama-sama.

Definisi Insomnia

Dilansir dari halaman website Promkes Kemenkes RI, insomnia merupakan suatu keadaan yang menyebabkan seseorang mengalami masalah kesulitan untuk tidur atau tidak dapat tidur dengan nyenyak. Biasanya orang yang mengalami insomnia ini akan merasakan tidak merasa segar ketika saat bangun dari tidur. Hal ini, jika dialami seseorang dalam jangka waktu yang lama akan menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti stres, depresi, hingga berbagai kelainan kronis seperti diabetes maupun masalah ginjal.

Dilansir dari Health Line, seseorang yang didiagnosis oleh dokter mengalami insomnia jika merasakan kriteria sebagai berikut :

  • Kesulitan tidur terjadi minimal tiga malam dalam seminggu selama minimal 3 bulan
  • Kesulitan tidur menciptakan distress (stress bersifat negatif) besar atau kesulitan fungsional dalam kehidupan sehari-hari.

Lalu, bagaimana solusinya untuk mengatasi masalah insomnia tersebut?

Tips Mengatasi Masalah Insomnia

Setelah mengetahui beberapa hal mengenai masalah insomnia ini, yuk kita bahas bagaimana tip mengatasi masalah insomnia ini? Masih dilansia dalam halaman website  yang sama, untuk mengatasi insomnia ini terdapat beberapa kebiasaan yang perlu diubah sebelum menggunakan obat insomnia diantaranya :

Mempertahankan Periode Jam Tidur dengan Teratur

Dengan mempertahankan periode jam tidur secara teratur, sedikit demi sedikit akan merubah kebiasaan pengidap insomnia untuk tidak tidur hingga larut malam. Jika ini dilakukan secara rutin maka akan terbentuk pola tidur yang teratur sesuai dengan waktu yang sama setiap hari ketika tidur dan bangun. Dengan menerapkan pola tidur dan bangun secara konsisten akan memprogram tubuh untuk tidur lebih nyenyak.

Menciptakan Lingkungan Tidur yang Nyaman

Kamar tidur merupakan salah tempat favorit menghabiskan waktu untuk tidur dan istirahat. Dengan mengatur dan menata suasana kamar dengan rapi, mengontrol suhu, pencahayaan dan kebisingan di lingkungan kamar dapat membantu penderita insomnia agar dapat tertidur nyenyak.


Lakukan Olahraga Secara Teratur

Melakukan olahraga ringan secara teratur, seperti berenang maupun berjalan, akan membantu penderita insomnia untuk meredakan beberapa ketegangan yang telah dilalui sepanjang hari. Dengan mengurangi ketegangan tersebut akan membuat tubuh merasa rileks dan membantu untuk tidur dengan lebih nyenyak

Mengurangi Konsumsi Olahan yang Mengandung Kafein

Kafein yang biasa terkandung dalam minuman kopi, teh atau minuman berenergi akan mengganggu proses tidur dan membuat orang yang mengkonsumsinya tetap terjaga terutama pada malam hari. Maka dari itu mengganti minuman yang mengnadung kafein dengan minuman yang hangat seperti susu atau herbal tea akan membantu tidur menjadi lebih nyenyak.

Mandi Air Hangat 30 Menit atau 1 Jam Sebelum Tidur

Setelah seharian melakukan aktivitas yang menguras tenaga dan pikiran, bukan sesuatu hal yang salah jika sebelum tidur membersihkan tubuh dengan mandi menggunakan air hangat 30 menit atau 1 jam sebelum tidur. Hal ini akan menimbulkan perasaan rileks pada tubuh yang akan membantu tidur menjadi lebih nyenyak.

Mengurangi Stress

Merasakan stress setelah melakukan pekerjaan di kantor tentunya akan membuta perasan menjadi kurang enak dan akan mengganggu pola tidur kita. Maka dari itu mempelajari beberapa teknik relaksasi untuk mengurangi stress dapat menjadi solusi untuk dipraktekan sebelum tidur. Beberapa teknik relaksasasi yang dapat digunakan untuk mengurangi stres diantaranya relaksasi otot progresif, teknik pernapasan dalam, meditasi atau melakukan biofeedback.

Itulah beberapa tips untuk mengatasi masalah insomnia agar dapat tidur dengan nyanyak sebelum mengkonsumsi obat insomnia. Semoga bisa membantu bagi penderita insomnia. Salam sehat.

Sumber :
https://promkes.kemkes.go.id/5-tips-mengatasi-insomnia
https://health.kompas.com/read/2020/12/28/200600468/15-cara-mengatasi-insomnia-yang-baik-dilakukan?page=all

Posting Komentar untuk "TIPS MENGATASI MASALAH INSOMNIA"