Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA PERAWATAN ISOLASI MANDIRI DI RUMAH YANG BENAR; KELUARGA DAN PERAWAT DI RUMAH WAJIB TAHU.

Seperti kita ketahui, akhir-akhir ini penyebaran COVID-19 terjadi peningkatan yang cukup signifikan. Ditambah lagi dengan varian virus baru yaitu varian Omicron yang proses penularannya cukup cepat. Untuk lebih mengenal apa itu varian Omicron, teman-teman bisa klik tautan ini WASPADA OMICRON : VARIAN BARU DARI COVID-19


Dilansir dari situs databoks.katadata.co.id hingga hari Sabtu tanggal 5 Februari 2022 perkembangan kasus COVID-19 varian Omicron telah mencapai 3.375 kasus. Dengan jumlah kasus COVID-19 varian Omicron tersebut menempatkan posisi Indonesia berada di urutan pertama di Asia Tenggara. 

Dengan semakin meningkatkan kasus COVID-19 varian Omicron tersebut, maka sangat diwajibkan bagi seluruh masyarakat untuk memperketat protokol kesehatan, untuk memutus mata rantai COVID-19 varian Omicron tersebut. Tak terkecuali bagi keluarga atau perawat pasien di rumah yang menjalani isolasi mandiri.

Bagi teman-teman yang sedang menjalani proses isolasi mandiri di rumah yang dikarenakan terpapar virus COVID-19 varian Omicron ini, harus tetap menjaga kesehatan dan meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat. Berikut penulis sampaikan tips cara melakukan perawatan isolasi mandiri di rumah yang benar bagi keluarga atau perawat di rumah yang dilansir dari flayer Perawatan di Rumah untuk COVID-19 Panduan Untuk Keluarga dan Perawatan Pasien di Rumah.

Tentukan Satu Anggota Keluarga yang Merawat Pasien

Perawat pasien yang berada di rumah ini diharapkan tidak memiliki risiko tinggi dan sering kontak dengan orang lain di luar rumah. Hal ini memungkinkan agar penyebaran virus COVID-19 varian Omicron ini dapat terputus.

Membuka Jendela

Membuka jendela ini berguna untuk meningkatkan ventilasi yang baik serta meningkatkan sirkulasi udara yang segar di dalam rumah

Semua Orang Harus Menggunakan Masker

Penggunaan masker ini dilakukan ketika berada di satu ruangan yang sama dengan orang yang terinfeksi COVID-19. Hal ini berguna untuk membatasi penyebaran virus COVID-19 varian Omicron bagi anggota keluarga di rumah.

Membersihkan dan Disinfeksi Secara Rutin Permukaan Benda yang Sering di Sentuh

Kegiatan ini merupakan suatu bentuk meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat di dalam rumah bagi keluarga yang memiliki pasien yang sedang isolasi mandiri di rumah. Membersihkan dan mendisinfeksi benda, ditekankan pada barang-barang yang sering disentuh oleh orang yang terinfeksi COVID-19.

Orang yang Terinfeksi COVID-19 Harus Beristirahat

Selain istirahat yang cukup, pasien yang terinfeksi COVID-19 juga perlu mengkonsumsi makan makanan yang bergizi serta rutin meminum air putih yang cukup. Dilanjutkan dengan tetap meneruskan pengobatan untuk penyakit kronis. 

Menyiapkan Ruangan atau Kamar yang Terpisah

Atau bisa juga ruangan tersendiri untuk orang yang terinfeksi COVID-19.

Tidak Mengijinkan Tamu Atau yang Bukan 1 Rumah Berkunjung

Hal ini menghindari terpaparnya virus COVID-19 bagi orang yang berada diluar rumah. Selain itu, diharapkan untuk menjaga jarak atau mengurangi kontak (kurang lebih 1 meter) dengan orang yang terinfeksi virus COVID-19.

Rajin Mencuci Tangan dengan Air Bersih Mengalir dan Sabun

Untuk mengetahu teknik cuci tangan yang benar menurut WHO teman-teman bisa klik tautan ini CARA MENCUCI TANGAN YANG BENAR MENURUT WHO. Selain mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, bisa juga mencuci tangan dengan menggunakan cairan antiseptik berbasis alkohol.

Hidangan Makanan Terpisah

Selain menghidangkan makanan yang terpisah, gunakan juga peralatan makan, gelas, peralatan tidur dan peralatan mandir terpisah daro orang yang terinfeksi COVID-19.

Meminum Obat Penurun Panas Apabila Demam

Atau mengkonsumsi obat yang telah diresepkan oleh dokter. Namun perlu diingat bahwa antibiotik tidak efektif untuk COVID-19.


Terakhir yang perlu juga diperhatikan adalah selalu memantau gejala orang yang terinfeksi COVID-19 secara rutin dan teratur. Hubungi petugas kesehatan secepatnya apabila terdapat gejala yang membahayakan seperti kesulitan bernafas/sesak nafas/nafas pendek, sakit dada, kebingungan / penurunan kesadaran ataupun mengalami sulit berbicara atau bergerak.

Mari kita tingkatkan protokol kesehatan dan tingkatkan perilaku hidup bersih dan sehat dimanapun kita berada. 


Posting Komentar untuk "CARA PERAWATAN ISOLASI MANDIRI DI RUMAH YANG BENAR; KELUARGA DAN PERAWAT DI RUMAH WAJIB TAHU."