Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MITOS DAN FAKTA TENTANG MENSTRUASI

Hai, nakes. Pada kesempatan kali ini bersamaperawat.id akan membahas mengenai mitos dan fakta seputar menstruasi. Mh, pembahasan mengenai menstrusi bagi sebagian orang, mungkin masih menjadi suatu topik yang tabu. Tetapi hal ini juga perlu diketahui bagi nakes terutama bagi perempuan pada umunya, bagaimana sih menanggapi fakta dan mitos seputar menstruasi.


Sebelum lebih jauh kita membahas mengenai mitos dan fakta seputar menstruasi, kita akan bahas apa itu menstruasi. Menstruasi bagi seorang perempuan dewasa merupakan hal yang normal dan wajar, dan ini umumnya terjadi setiap satu bulan sebagai siklus yang normal. Dilansir dari halaman situs promkes.kemkes.go.id, menstruasi merupakan suatu proses peluruhan lapisan bagian dalam pada dinding rahim wanita (endometrium) yang mengandung banyak pembuluh darah dan umunya berlangsung selama 5 - 7 hari setiap bulannya. Biasanya siklus menstruasi berlangsung hingga usia 50 tahun.

Pada saat perempuan mengalami menstruasi, beberapa perempuan terkadang mengalami juga nyeri head atau kram yang biasa disebut dengan dismenore. Beberapa sumber menyebutkan untuk mengurangi rasa nyeri tersebut bisa dilakukan dengan cara kompres hangat, olahraga teratur dan istirahat yang cukup. Selain itu, hal yang penting dan terkadang terlupakan ialah mengkonsumsi tablet penambah darah (tablet Fe) sebanyak 1 tablet setiap hari selama masa menstruasi dan satu kali seminggu pada saat tidak menstruasi. Hal ini bertujuan untuk menghindari resiko anemia akibat kekurangan zat besi (Fe).

Nah, setelah membahas sedikit mengenai menstruasi dari segi medis, selanjutnya kita akan bahas mitos dan fakta seputar menstruasi. Banyak sekali berbagai info yang sudah menjadi kepercayaan oleh masyarakat mengenai perempuan yang sedang dalam siklus menstruasi. Dilansir dari solopos.com, berikut beberapa mitos dan fakta mengenai menstruasi. 

MITOS DAN FAKTA TENTANG MENSTRUASI

Mitos :
Sebagian masyarakat percaya bahwa perempuan yang mengalami menstrusi jika mengkonsumsi minuman bersoda atau berkarbonasi akan mempercepat menstruasi atau darah menstruasi yang keluar akan lebih banyak.
Fakta :
Sumber dari beberapa penelitian menyatakan sebenarnya tidak ada pengaruh atau efek dari minuman bersoda atau berkarbonasi dengan perempuan yang sedang menstruasi.

Mitos :
Perempuan yang sedang menstruasi tidak diperbolehkan mengkonsumsi nanas dikarenakan akan memicu nyeri saat menstruasi.
Fakta :
Saat perempuan mengalami menstruasi, tubuh membutuhkan asupan nutrisi dan gizi yang seimbang. Salah satu sumber gizi bagi perempuan yang sedang mengalami menstruasi adalah buah-buahan yang mengandung vitamin C salah satunya adalah buah nanas.

Mitos :
Perempuan yang sedang mengalami menstruasi tidak diperbolehkan untuk beranang.
Fakta :
Secara medis sebetulnya tidak ada larangan khusus ketika sedang menstruasi untuk berenang, jika pembalut maupun pakaian renang yang digunakan tidak memicu iritasi. Namun, ada kekhawatiran tertentu yang sebaiknya menunda untuk berenang, karena dikhawatirkan dapat mencemari kolam renang.

Mitos :
Perempuan yang mengalami haid atau menstruasi tidak diperbolehkan keramas ataupun potong kuku.
Fakta :
Tubuh yang bersih merupakan salah satu konstribusi untuk hidup sehat, sehingga berkeramas ataupun memotong kuku saat menstruasi merupakan suatu hal yang wajar untuk menjaga kesehatan.

Mitos :
Perempuan yang mengalami haid atau menstruasi jika mengkonsumsi minuman dingin/es dapat memperlambat menstruasi.
Fakta :
Biar kita bahas sama-sama ya. Menstruasi atau haid lebih terkait ke organ reproduksi, sedang minum lebih terkait ke organ pencernaan. Oleh sebab itu, sebenarnya tidak ada kaitannya antara apa yang diminum dengan gangguan menstruasi. 

Mitos :
Dengan melakukan olahraga membuat darah menstruasi akan keluar lebih banyak
Fakta :
Olahraga ringan justru akan membantu sirkulasi darah sekitar otot rahim serta membantu mengurangi nyeri akibat menstruasi serta memperlancar menstruasi.


BACA JUGA :


Itulah beberapa mitos dan fakta mengenai perempuan yang sedang mengalami haid atau menstruasi. Maka dari itu lebih bijak lagi dalam menyikapi hal-hal yang mitos maupun fakta secara medis ya nakes. Semoga membantu.


Sumber :
https://promkes.kemkes.go.id/
https://solopos.com/

Posting Komentar untuk "MITOS DAN FAKTA TENTANG MENSTRUASI"