KENALI MAKANAN BERIKUT SEBAGAI PENINGKAT IMUNITAS BAGI TUBUH

Dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari, tubuh kita memerlukan asupan nutrisi yang baik tidak mudah terserang penyakit. Agar tubuh terhindar dari serangan penyakit, tubuh perlu asupan nutrisi yang dapat meningkatkan imunitas tubuh. Lalu apa itu yang dimaksud dengan imunitas? Imunitas yang lebih dikenal dengan sistem kekebalan merupakan sebuah sistem di dalam tubuh yang berperan melawan serangan dari luar sehingga dapat membahayakan kesehatan manusia (dikutip dari : https://ykis.org/sistem-imunitas-tubuh/)


Sumber : pixabay.com

Tentunya agar imunitas tubuh kita tetap terjaga, diperlukan asupan nutrisi yang baik untuk meningkatkan sel-sel imun dalam tubuh. Dengan memilih jenis asupan nutrisi tertentu secara tidak langsung akan meningkatkan kekebalan dalam tubuh. Lalu jenis makanan seperti apa yang mampu meningkatkan sel-sel imun dalam tubuh?

Berikut kita akan bahas jenis makanan apa saja yang mampu meningkatkan sel-sel imun dalam tubuh.

JENIS MAKANAN PENINGKAT IMUNITAS

Kacang Almond

Kacang almond merupakan salah satu makanan yang populer dan sering kita temukan dalam coklat, ternyata memiliki manfaat yang baik untuk meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Diketahui bahwa mengonsumsi kacang almond, membantu untuk mencegah dan mengobati pilek, mengatasi peradangan dan menjadi salah satu sumber mineral yang dibutuhkan bagi tubuh. Selain itu, di dalam kacang almond juga terdapat lemak sehat yang baik bagi tubuh.

Kunyit

Kunyit yang sering kita kenal sebagai salah satu bahan bumbu di dapur, ternyata memiliki manfaat yang luar biasa untuk meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh. Mengonsumsi kunyit yang diolah untuk makanan maupun minuman, memiliki khasiat dan manfaat seperti meredakan peradangan, mengobati penyakit lambung, meredakan nyeri pada wanita haid serta dapat mengempiskan perut yang kembung.

Teh Hijau

Teh hijau yang menjadi salah satu minuman favorit di negeri sakura, ternyata memilki manfaat yang baik juga bagi tubuh. Dengan mengonsumsi teh hijau secara teratur mampu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh karena didalam teh hijau mengandung antioksidan yang baik bagi tubuh. Selain itu, teh hijau juga memiliki kandungan sebagai sumber asam amino L-theanin yang dapat membantu memerangi kuman dan bakteri.

Bawang Putih

Bawang putih sebagai salah satu bahan bumbu dapur dalam memasak ternyata memiliki manfaat dan khasiat juga untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Manfaat bawang putih sebagai peningkat imunitas diantaranya membantu menurunkan tekanan darah, memerangi infeksi pada tubuh serta memperlambat pengerasan pembuluh darah.

Jeruk

Jeruk merupakan salah satu buah yang kaya akan vitamin, salah satunya adalah vitamin C. Selain mengandung vitamin C yang baik untuk meningkatkan imunitas bagi tubuh, buah jeruk juga memiliki manfaat untuk melindungi fungsi otak serta kaya akan antioksidan untuk membangun sistem kekebalan tubuh.

Paprika Merah

Paprika  merah yang sering diolah sebagai pelengkap dalam masakan, ternyata memiliki kandung nutrisi yang baik tubuh untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Di dalam paprika merah memiliki kandungan vitamin C dua kali lebih banyak dari jeruk. Selain itu, paprika merah juga memiliki kandungan beta karoten yang membantu dalam menjaga kesehatan mata dan kulit.

Brokoli

Brokoli merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki kandungan vitamin dan mineral yang cukup tinggi. Vitamin yang terkandung dalam brokoli diantaranya adalah kandungan vitamin A, C, E dan antioksidan yang baik dalam meningkatkan imunitas tubuh.

Jahe

Jahe yang merupakan salah satu bumbu dapur yang sering digunakan dalam berbagai olahan masakan, memiliki kandungan yang bagus bagi imunitas tubuh. Mengonsumsi jahe dapat membantu untuk mengurangi peradangan, mengurangi sakit tenggorokan serta mengurangi mual pada lambung.

Yoghurt

Yoghurt yang merupakan salah satu makanan yang diolah dari susu yang difermentasi, memiliki manfaat yang baik juga bagi tubuh. Yoghurt diketahui memiliki manfaat untuk merangsang sistem kekebalan tubuh serta melancarkan pencernaan dan menjaga kesehatan usus. Di dalam yoghurt juga terkandung sumber vitamin dan mineral yang baik untuk sistem kekebalan tubuh.


BACA JUGA :
BAHAN MAKANAN PEMICU KANKER
MANFAAT MINUM AIR PUTIH BAGI TUBUH
MANFAAT DONOR DARAH BAGI TUBUH



Itulah beberapa informasi mengenai jenis makanan yang baik untuk meningkatkan sistem imunitas bagi tubuh. Yuk mulai sekarang untuk mengonsumsi makanan yang baik untuk tubuh agar terhindar dari berbagai macam penyakit.

Sumber :
https://ykis.org/sistem-imunitas-tubuh/
https://pin.it/1cEjbix




Tidak ada komentar:

Iklan Display

Diberdayakan oleh Blogger.