YUK KENALI MAKANAN BERIKUT YANG BERESIKO SEBAGAI PEMICU KANKER

Makanan merupakan salah satu asupan yang penting agar tubuh memiliki energi untuk beraktivitas. Dikutip dari wikipedia.org makanan merupakan zat yang dimakan oleh makhluk hidup untuk mendapatkan nutrisi yang kemudian diolah menjadi energi. Makanan yang dikonsumsi tentunya harus memiliki kualitas gizi yang baik untuk tubuh. Mengkonsumsi makanan secara tidak tepat, tidak cukup maupun pengolahan yang kurang baik, akan menyebabkan malnutrisi bahkan dapat memicu berbagai macam penyakit, salah satunya adalah kanker.

Sumber : pixabay.com
Namun, tahukah kamu bahan makanan apa saja yang dapat memacu resiko kanker untuk tubuh? Dalam pembahasan kali ini, kita akan membahas beberapa bahan makanan yang dapat memicu terjadinya kanker. Namun sebelumnya kita akan bahas sekilas terlebih dahulu apa itu penyakit kanker.

Kanker merupakan salah satu penyakit yang berbahaya yang disebabkan oleh sel yang telah mengalami perubahan sifat genetik. Perubahan sel-sel tersebut dapat disebabkan oleh perubahan yang tidak terkendali pada sel-sel normal dalam tubuh. Perubahan sel yang tidak terkendali itulah yang sering dinamakan sel kanker. Salah satu faktor pemicu kanker tersebut adalah pola makan yang tidak sehat.

BAHAN MAKANAN PEMICU KANKER

Daging Olahan

Daging olahan maupun daging merah merupakan salah satu bahan makanan yang dapat memicu kanker. Daging olahan ini telah diklasifikasikan sebagai karsinogen golongan satu (zat yang dapat menyebabkan pertumbuhan sel kanker) oleh Badan Internasional Penelitian Kanker (IARC).

Selain itu, daging olahan juga umumnya menggunakan bahan pengawet agar tetap segar. Pengawet dalam daging olahan tersebut dapat memacu tumbuhnya sel kanker dalam tubuh. Maka dari itu sebaiknya mengkonsumsi daging yang masih segar. Selain itu, menurut Cancer Council, sebaiknya tidak boleh mengonsumsi lebih dari satu porsi (65 - 100 gram) daging merah tanpa lemak per minggu untuk mengurangi resiko kanker.

Ikan Salmon Ternak

Ikan salmon sering kita dengar sebagai ikan memiliki kandungan gizi yang baik. Namun jangan salah, ikan salmon yang berasal dari hasil ternak memiliki resiko terkontaminasi oleh zat kimia karsinogenik. Ikan salmon yang dibudidayakan memiliki poliklorinasi bifenil (PCB) 16 kali lebih banyak dari salmon liar. Ini berdasarkan hasil penelitian oleh Environmental Working Group. 

PCB tersebut merupakan bahan kimia yang dapat menyebabkan kanker. PCB ini biasanya berasal dari pakan makanan ikan. Untuk mengurangi paparan PCB tersebut, sebaiknya sebelum mengolah ikan salmon tersebut, dapat membuang terlebih dahulu lemak dari ikan salmon tersebut.

Minyak Goreng

Minyak goreng yang sering digunakan berkali-kali, sangatlah kurang baik untuk tubuh. Mengonsumsi makanan yang diolah dri minyak goreng yang digunakan berkali-kali dapat terjebak di dalam perut dalam waktu yang lama. Minyak ini cenderung akan mengubah struktur membran sel dalam  tubuh manusia, dan akan memicu tumbuhnya sel kanker dalam tubuh.

Minuman Bersoda

Mengonsumsi minuman bersoda secara berlebihan kurang baik untuk tubuh. Hal ini dikarenakan minuman beroda memiliki banyak pemanis maupun bahan kimia lain, apalagi yang mengandung alkohol. Minuman bersoda yang mengandun bahan kimia dapat memacu tumbuhnya sel kanker. Begitupun minuman bersoda yang mengandung alkohol. Pasalnya, alkohol yang dikonsumsi akan dipecah oleh organ hati menjadi asetaldehida, yang merupakan senyawa karsinogenik sebagai salah satu pemicu tumbuhnya sel kanker.

Buah dan Sayuran yang Terkenan Peptisida

Buah maupun sayuran yang ditanam dan terkontaminasi peptisida saat perawatannya akan memicu tumbuhnya sel kanker pada tubuh.

Gula dan Karbohidrat Olahan

Gula atau karbohidrat olahan sering kita temukan dalam bentuk tepung-tepungan yang ditemukan diberbagai pusat perbelanjaan. Karbohidrat dalam tepung-tepungan merupakan salah satu bentuk olahan berkat proses kimia. Dalam proses olahan inilah yang dapat memicu tumbuhnya sel kanker dalam tubuh. Bahkan dalam studi yang dimuat dijurnal Cancer Epidemology disebutkan bahwa mengonsumsi karbohidrat yang dimurnikan secara rutin berkaitan dengan peningkatan resiko kanker payudara pada wanita.

Bahan Makanan Kaleng

Dalam beberapa studi mengenai makanan kaleng, disebutkan bahwa kaleng yang digunakan pada makanan kalengan dilapisi oleh bisphenol-a (BPA). BPA ialah senyawa yang digunakan di dalam kemasan seperti lapisan kaleng untuk mencegah korosi, kerusakan dan mengawetkan makanan di dalamnya. BPA ini lah yang akan mempengaruhi tubuh manusia bahkan pada tingkat yang sangat rendah. Selain itu diketahui juga bahwa BPA ini memiliki hubungan dengan kanker payudara. Maka dari itu lebih baik mengonsumsi makanan yang segar daripada mengonsumsi makanan olahan dalam kaleng.

BACA JUGA :


Itulah beberapa informasi mengenai bahan makanan yang dapat memicu terjadinya sel kanker di dalam tubuh. Untuk menghindari hal tersebut, yuk dari sekarang kita mulai membiasakan untuk mengonsumsi makanan yang segar dan menyehatkan untuk tubuh.

Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Makanan
https://jovee.id/7-bahan-makanan-pemicu-kanker-yang-perlu-dihindari/
https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20151028174239-265-87993/waspada-makanan-pemicu-kanker


Tidak ada komentar:

Iklan Display

Diberdayakan oleh Blogger.