Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MENGENAL GAGAL GINJAL AKUT YANG TERJADI PADA ANAK BAGI TENAGA KESEHATAN

Sobat Nakes, beberapa hari ini kita dihebohkan dengan adanya kasus gagal ginjal akut yang terjadi pada anak.  Dikutip dari halaman health.kompas.com, Ikatan Dokter Anak mencatat terdapat sedikitnya 180 anak usia 6 bulan sampai 18 tahun di 20 provinsi terkena penyakit ini sepanjang 2022, dan pada bulan Agustus hingga September 2022 kasus dengan penyakit tersebut semakin melonjak.


Gagal ginjal akut ini atau istilah medis Acute Kidney Injury (AKI) merupakan suatu kondisi dimana fungsi filtrasi ginjal mengalami penurunan cepat dan tiba-tiba yang biasanya ditandai oleh peningkatan konsentrasi kreatinin serum atau azotemia (peningkatan konsentrasi BUN) dan/atau penurunan sampai tidak ada sama sekali produksi urin.

Dirangkum dari Keputusan Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Nomor HK.02.02/I/3305/2022 tentang Tata Laksana dan Manajemen Klinis Gangguan Ginjal Akut Progresif Atipikal (Atypical Progressive Kidney Injury) pada Anak di Fasilitas Pelayanan Kesehatan, berikut beberapa hal penting mengenai gagal ginjal akut yang terjadi pada anak.

Definisi Operasional Gagal Ginjal Akut Progresif Atipikal

Masih dikutip dalam surat keputusan yang sama, definisi operasional kasus gangguan gagal ginjal akut progresif atipikal (Atypical Progressive Kidney Injury) :
  1. Anak usia 0 - 18 tahun (mayoritas balita)
  2. Memiliki demam atau riwayat demam atau gejala infeksi lain dalam 14 hari terakhir
  3. Didiagnosis gangguan ginjal akut yang belum diketahui etiologinya (baik pre-renal, renal maupun post-renal) oleh Dokter Penanggung Jawab Pasien
  4. Tidak mengalami kelainan ginjal sebelumnya atau penyakit ginjal kronik
  5. Didapatkan tanda hiperinflamasi dan hiperkoagulasi

Diagnosis Kasus Gagal Ginjal Akut Progresif Atipikal

Diagnosis kasus gangguan gagal ginjal akut progresif atipikal (Atypical Progressive Kidney Injury) berdasarkan anamnesa, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang.

Anamnesa

Anamnesa dilakukan dengan uraikan sebagai berikut :
  1. Anak usia < 18 tahun
  2. Gejala prodromal ditandai dengan gejala demam dalam 7 - 14 hari, infeksi saluran cerna seperti muntah dan diare, serta ISPA seperti batuk dan pilek.
  3. Gejala AKI berupa keluhan tidak berkemih (anuria) dan menurunnya volume urin (oliguria).
  4. Tanyakan riwayat penyakit sebelumnya seperti infeksi COVID-19 pada anak, infeksi COVID-19 pada orang-orang serumah, penyakit infeksi lain, penyakit ginjal, defisiensi imun dan penyakit lainnya.
  5. Tanyakan riwayat perjalanan sebelumnya dalam 14 ahri.
  6. Tanyakan riwayat vaksinasi COVID-19 dan apa jenis vaksin serta frekuensi pemberiannya.
  7. Tanyakan ada riwayat kontak atau memiliki hewan peliharaan di rumah.

Pemeriksaan Fisik

Dalam pemeriksaan fisik, temuan dapat berupa :
  1. Pada keadaan umum terjadi penurunan kesadaran atau kurang respon atau cenderung mengantuk.
  2. Tanda-tanda vital ditemukan hipertensi pada anak, napas cepat (lebih dari nilai normal anak), demam (suhu>37,5 derajat celcius)
  3. Adanya pembekakan pada palperbra, ekstremitas, perut atau genital (skrotum/labia)
  4. Dapat ditemukan tanda dehidrasi sesuai derajat dehidrasi.
Klasifikasi Hipertensi pada Anak

Pemeriksaan Penunjang

Untuk pemeriksaan penunjang dilakukan sesuai dengan alur tata laksana di fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) dan di rumah sakit. Pemeriksaan penunjang yang dilakukan yaitu :
Tabel Pemeriksaan Penunjang

Deteksi Dini Gagal Ginjal Akut Progresif Atipikal

Dengan semakin meningkatnya kasus gagal ginjal akut progresif atipikal (Atypical Progressive Kidney Injury), masyarakat dan Sobat Nakes harus memiliki kewaspadaan dini terhadap kasus ini. Mendeteksi dini mengenai tanda dan gejala mengenai penyakit ini diharapkan dapat mempercepat alur dan proses penanganan. Berikut langkah-langkah deteksi dini kasus gagal ginjal akut progresif atipikal (Atypical Progressive Kidney Injury)  bagi Sobat Nakes dan masyarakat :

Deteksi Dini Pra Rumah Sakit

Pada Masyarakat

Pada masyarakat kewaspadaan dini pada tahap pra rumah-sakit (masyarakat) yaitu bila ditemukan pasien berusia < 18 tahun serta gejala demam, gejala infeksi saluran pernapasan akut (batuk;pilek) atau gejala infeksi saluran cerna (diare, muntah)

Pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP)

Jika pasien sudah dibawa ke fasilitas kesehatan tingkat pertama, FKTP dapat melakukan pemeriksaan dan edukasi kepada orang tua untuk memantau tanda bahaya umum ditambah pemantauan jumlah dan warna urin (pekat atau kecoklatan) di rumah. Bila urin berkurang (urin dikatakan berkurang jika berjumlah kurang dari 0,5 ml/kgBB/jam dalam 6 - 12 jam) atau tidak ada urin selama 6 - 8 jam (saat siang hari) maka pasien harus segera dirujuk ke rumah sakit.

Rekomendasi Tata Laksana Klinis Gagal Ginjal Akut Progresif Atipikal di Rumah Sakit

Rekomendasi dalam tata laksana klinis gagal ginjal akut progresif atipikal (Atypical Progressive Kidney Injury) yang dikutip dalam Keputusan Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Nomor HK.02.02/I/3305/2022 tentang Tata Laksana dan Manajemen Klinis Gangguan Ginjal Akut Progresif Atipikal (Atypical Progressive Kidney Injury) pada Anak di Fasilitas Pelayanan Kesehatan.

Alur Tata Laksana Kasus AKI Progressive Atypical pada anak di Rumah Sakit

Sobat Nakes dan Pembaca itulah sekilas mengenai gagal ginjal akut progresif atipikal (Atypical Progressive Kidney Injury), mudah-mudahan dapat menambah pengetahuan dan informasi terkait kasus tersebut. Untuk informsi lengkap, Sobat Nakes dapat klik tautan untuk mendownload  Keputusan Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Nomor HK.02.02/I/3305/2022 tentang Tata Laksana dan Manajemen Klinis Gangguan Ginjal Akut Progresif Atipikal (Atypical Progressive Kidney Injury) pada Anak di Fasilitas Pelayanan Kesehatan. Semoga anak-anak Indonesia yang lain dapat terhindar dari penyakit ini. Salam sehat.



Sumber :
  • https://health.kompas.com/read/2022/10/18/193100468/4-gejala-gagal-ginjal-akut-pada-anak-orangtua-perlu-waspada?page=all 
  • https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/wp-content/uploads/2022/10/Keputusan-Direktur-Jenderal-Pelayanan-Kesehatan-Tentang-Tata-Laksana-dan-Menejemen-Klinis-Atypical-Progressive-Acute-Kidney-Injury.pdf

Posting Komentar untuk "MENGENAL GAGAL GINJAL AKUT YANG TERJADI PADA ANAK BAGI TENAGA KESEHATAN"