Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) MENGHITUNG DENYUT NADI (HEART RATE) PADA BAYI/ANAK

Sobat Nakes, sebelumnya kita telah membahas mengenai prinsip pengkajian pada anak. Bagi Sobat Nakes yang belum membaca artikel tersebut, Sobat Nakes dapat klik tautan SOP Prinsip Pengkajian pada Anak Sesuai Usia. Selain itu, sebelum kita membahas lebih jauh mengenai standar operasional prosedur cara menghitung denyut nadi pada bayi dan anak, Sobat Nakes bisa membaca terlebih dahulu artikel pengkajian pada anak dengan klik tautan Prosedur Pengkajian Keperawatan pada Anak.

Sumber : pixabay.com

Setelah memahami mengenai prinsip dan prosedur pengkajian pada anak, Bersama Perawat akan membahas bagaimana cara melakukan penghitungan denyut nadi (heart rate) pada anak sesuai dengan standar operasional prosedur. Standar operasional prosedur dalam menghitung denyut nadi pada bayi/anak merupakan langkah-langkah yang harus dilakukan oleh Sobat Nakes untuk mengetahui seberapa kali denyut nadi bayi/anak itu berdenyut.

Pengertian Menghitung Denyut Nadi pada Bayi/Anak

Pengertian menghitung denyut nadi pada bayi/anak merupakan salah satu tindakan untuk menghitung denyut nadi (heart rate) bayi/anak melalui perabaan nadi atau auskultasi denyut nadi.

Tujuan Menghitung Denyut Nadi Bayi/Anak

Tujuan dari menghitung denyut nadi pada bayi/anak ini adalah untuk mengetahui jumlah total denyut nadi pada bayi/anak dalam waktu 1 menit.

Waktu Menghitung Denyut Nadi Bayi/Anak

Menghitung denyut nadi bayi/anak ini dilakukan pada bayi/anak yang baru dirawat dengan dilakukan secara rutin sesuai dengan kebutuhan pasien bayi/anak.

Persiapan Menghitung Denyut Nadi Bayi/Anak

Beberapa persiapan yang perlu dilengkapi diantaranya :

Persiapan Pasien

Persiapan pasien ini dilakukan dengan cara pendekatan kepada anak/keluarga dengan memberikan penjelasan tentang hal-hal yang dilakukan, sesuai dengan tingkat perkembangan dan kemampuan berkomunikasi. Pendekatan ini sebaiknya dilakukan pada saat bayi/anak dalam kondisi tenang.

Persiapan Alat

Beberapa peralatan yang diperlukan dalam melakukan tindakan menghitung denyut nadi bayi/anak ini diantaranya :
  1. Stetoskop anak
  2. Arloji dengan petunjuk detik/polsteller
  3. Buku catatan keperawatan dan ballpoint

Pelaksanaan Menghitung Denyut Nadi Bayi/Anak

Berikut beberapa langkah yang dilakukan dalam melakukan penghitungan denyut nadi pada bayi/anak :

Pada Bayi

Menghitung denyut nadi pada bayi dilakukan dengan tahapan :
  1. Sebelum melakukan tindakan, melakukan cuci tangan terlebih dahulu. Cara melakukan cuci tangan 6 langkah dapat Sobat Nakes temukan dengan klik tautan SOP 6 Langkah Cuci Tangan Menggunakan Sabun
  2. Bayi dibaringkan dalam posisi terlentang, buka baju bagian atas
  3. Pemeriksa mendengarkan denyut nadi di area apical jantung, yaitu pada titik impuls maksimum (TIM) sela iga ke empat bagian kiri. Hitung denyut jantung selama satu menit penuh. Perhatikan juga iramanya apakah teratur atau tidak.
  4. Setelah melakukan penghitungan selama satu menit, hasil pemeriksaan di catat dalam buku catatan keperawatan. Bila terdapat kelainan, cata dan segera laporkan kepada penanggung jawab/dokter yang merawat.
  5. Bayi dirapikan
  6. Pemeriksa melakukan cuci tangan.

Pada Anak

Menghitung denyut nadi pada anak dilakukan juga dengan tahapan :
  1. Sebelum melakukan tindakan, melakukan cuci tangan terlebih dahulu. Cara melakukan cuci tangan 6 langkah dapat Sobat Nakes temukan dengan klik tautan SOP 6 Langkah Cuci Tangan Menggunakan Sabun
  2. Anak sebaiknya dalam keadaan tenang
  3. Perhitungan dilakukan dengan menggunakan jari telunjuk dan jari tengah diatas arteri selama satu menit. Perhatikan isi (volume), irama (teratur/tidak), tekanan (kuat/lemah)
  4. Hasil perhitungan dicatat dalam lembaran catatan keperawatan (grafik suhu nadi). Bila terdapat kelainan, catat dan segera laporkan kepada penanggung jawab/dokter yang merawat.
  5. Anak dirapikan
  6. Pemeriksa melakukan cuci tangan.
Itulah Sobat Nakes beberapa langkah mengenai standar operasional prosedur dalam melakukan perhitungan denyut nadi pada bayi maupun anak. Semoga bisa menambah pengetahuan serta wawasan Sobat Nakes semua. Salam sehat.


Sumber :
Prosedur Tindakan Keperawatan Anak, Tim Keperawatan Anak, 2012

Posting Komentar untuk "STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) MENGHITUNG DENYUT NADI (HEART RATE) PADA BAYI/ANAK"